Class : 4 pik 1 (Broadcasting)

Member :
a. Yuriska Apriana
b. Wiwin
c. Nawang Permata Sari
d. Indriani Wongsosuseno
e. Weina

Komunitas Tari Tradisional di Jakarta

Tempat : Sanggar Tari Gelanggang Remaja Jakarta Selatan (GRJS).

Alamat : Jl. Bulungan Blok C No. 1 Jakarta Selatan 12720

Telepon : 021- 7199624

Sanggar Tari GRJS merupakan satu-satunya sanggar tari Jawa di Jakarta dan sudah berdiri sejak tahun 1970. Sanggar Tari GRJS ini melatih para peminat tari Jawa klasik dengan usia yang sangat beragam, baik dari umur 5 tahun hingga yang sudah berumah tangga.

Saat ini dapat kita lihat, ternyata tarian tradisional bisa dikatakan semakin berkembang walaupun seiring dengan perkembangan zaman. Tidak hanya di sanggar-sanggar tertentu, upaya pelestarian tarian tradisional juga dapat kita lihat dari beberapa komunitas tari di beberapa sekolah di Jakarta.

Tidak hanya warga negara Indonesia yang berlatih tarian tradisional, turis-turis asingpun ternyata mengagumi tarian tradisional Indonesia bahkan mencoba untuk berlatih tarian-tarian tersebut.

Bagaimana pun upaya melestarikan seni budaya tradisional lewat pergelaran-pergelaran seni sangat penting. Paling tidak, hal ini bisa menangkal pengaruh arus budaya asing yang merambah sangat cepat lewat kemajuan teknologi informasi seiring dengan era globalisasi.

Penulis : Nawang Permata Sari - 1110070021